• Macam macam Gadget

    pada zamn sekarang sudah sangat berkembang, hal itu dibuktikan dengan banyak…. more

  • e-Learning

    E-learning merupakan singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang.... more

  • Sejarah facebook

    Facebook adalah sebuah social networking yang baru saja dirintis pada tahun 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard yang bernama.... more

  • Cara menggunakan Twitter

    Cara Main Twitter - Twitter adalah salah satu situs jejaring sosial yang dimilik serta dioperasikan oleh.... more

  • Manfa'at membaca buku

    Manfaat Membaca Buku - Membaca buku, koran, majalah atau dari media yang lain, akan melatih otak kita untuk.... more

  • Letak Negara Indonesia

    Letak geografis suatu wilayah adalah keberadaan posisi wilayah tersebut sesuai dengan bentuk dan letaknya di.... more

Rabu, 23 Januari 2013

Robot robot buatan Indonesia

Robot robot asli INDONESIA
Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Siapa bilang indonesa tidak dapat membuat robot, terbukti dengan dibuatnya robot asli indonesia,Indonesia dapat memenangkan kejuaran nasional maupun internasional. Robot robot itu antara lain: 
1.Robot Becak
   Mungkin namanya terdengar lucu, tetapi prestasi robot ini sungguh menakjubkan Robot berbentuk becak mini ini, berhasil menjadi juara pertama dalam kategori Energy Saving Robot, yaitu robot ramah lingkungan dengan sumber energi tenaga surya.Robot berbentuk becak mini dengan motif batik buatan siswa SMP Negeri 7 Bandung sanggup menempuh jarak satu meter dalam waktu satu menit, sesuai dengan waktu yang disediakan panitia lomba. Setiap satu sampai tiga detik, robot tersebut berhenti untuk mengisi tenaga cahaya, kemudian maju 10 sentimeter perdetik.
2. Robot Angklung
  Dua siswa SMP dari Bandung yaitu Karismanto Rahmandika, siswa dari SMP Negeri 14, dan Krisna Diastama, siswa SD Islam Ibnu Sina-menciptakan Klungbot, robot yang bisa memainkan angklung. Robot ini bisa menggantikan sejumlah pemain angklung untuk sebuah konser.

Dalam menciptakan robot pemain angklung ini, Krisna menggunakan robot Lego Mindstorm. Untuk membuat si robot bekerja, ia menerjemahkan nada-nada musikal menjadi bahasa program. Ia melakukannya dengan perangkat lunak LeJOS yang biasa digunakan untuk Lego. Bahasa program inilah yang kemudian diterima oleh bagian penerjemah pesan yang terhubung lewat Bluetooth dan selanjutnya ke penggerak.
3. Robot Penari
  Robot Penari ,yang bernama Putu Ayu dalam ajang KRSI yang diadakan oleh dikti robot ini peringkat kedua,karena keunikannya robot buatanyg juga buatan robotik PENS-ITS Lewat lima mahasiswanya, yakni Endy, Prasetya Hutomo, Andrew, Garry Hadinata, serta Charles Arista Salim, mereka berhasil meraih juara II dalam Melalui berbagai tahap seleksi,Robot yang bernama dewi ini punya kemampuan kemampuan membedakan sensor suara, land tracer, gerakan tari pendet, dan punya 22 sendi .
    Sesuai dengan namanya Robot penari ini dapat menari seperti halnya manusia, robot ini menari tarian dari  bali yaitu tari pendet
4. Robot penjinak Bom
   Yang terakhir adalah Robot penjinak bom, Robot Morolipi v1.0 tersebut dirancang dengan spesifikasi :
Panjang 1 meter dan lebar 1 meter, tinggi 90 cmBobot 80-100 kg.
robot ini Mampu berjalan di permukaan yang datar ataupun menaiki tangga dengan kecepatan 3 meter per detik tanpa menggunakan energi karena menggunakan kopling elektrik.
Memiliki dua ruas lengan dengan panjang 70cm dan dapat bergerak bebas ke lima arah, berputar 360 derajat, juga menekuk.

0 komentar:

Posting Komentar