• Macam macam Gadget

    pada zamn sekarang sudah sangat berkembang, hal itu dibuktikan dengan banyak…. more

  • e-Learning

    E-learning merupakan singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang.... more

  • Sejarah facebook

    Facebook adalah sebuah social networking yang baru saja dirintis pada tahun 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard yang bernama.... more

  • Cara menggunakan Twitter

    Cara Main Twitter - Twitter adalah salah satu situs jejaring sosial yang dimilik serta dioperasikan oleh.... more

  • Manfa'at membaca buku

    Manfaat Membaca Buku - Membaca buku, koran, majalah atau dari media yang lain, akan melatih otak kita untuk.... more

  • Letak Negara Indonesia

    Letak geografis suatu wilayah adalah keberadaan posisi wilayah tersebut sesuai dengan bentuk dan letaknya di.... more

Minggu, 20 Januari 2013

Hotspot dan WIFI

Hotspot dan WIFI
Sesuai dengan perkembangan jaman, di mana internet sudah menjadi salah satu kebutuhan utama manusia. Semakin hari semakin banyak teknologi pendukung yang mengarah pada cara – cara koneksi internet. Awalnya koneksi internet dikenal melalui dial up, dan kemudian menyusul teknologi lain seperti leased line, kabel, dan wireless.
Apa itu HotSpot ??
Hotspot adalah point koneksi untuk jaringan Wi-Fi, yang biasanya berbentuk sebuah kotak kecil berisi perangkat 802.11 untuk ‘berkomunikasi’ dengan perangkat 802.11 pada komputer pemakai. Jadi secara umum dapat diartikan HotSpot merupakan tempat Access point berada.
“Access Point adalah peralatan LAN yang menghubungkan peralatan nirkabel dengan jaringan LAN. “
Contoh kasarnya adalah BTS yang digunakan untuk memberi sinyal buat handphone (HP), sedangakan untuk WiFi sendiri, contohnya adalah Ethernet.
WiFi (Wireless Fidelity)
WiFi atau Wireless Fidelity merupakan sebutan untuk standar jaringan atau network tanpa kabel (nirkabel) dengan menggunakan Frekuensi Radio yang sering dikenal dengan RF (Radio Frequency). Di mana pada awalnya Wi-Fi hanya ditujukan untuk pengunaan perangkat nirkabel (jaringan tanpa kabel) dan LAN (Local Area Network), namun pada saat ini WiFi lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Sehingga dalam hal ini sangat memungkinan apabila seseorang dengan komputer yang berisikan fitur wireless card atau PDA (Personal Digital Assistant) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses atau yang lebih dikenal dengan istilah “hotspot” .
Keuntungan terbesar dari menggunakan WiFi yaitu sangat praktis, dimana komputer dapat terhubung ke jaringan tanpa membutuhkan kabel.

0 komentar:

Posting Komentar